Primary tabs

Rencana Strategis

Adapun sasaran yang ingin dicapai adalah :  

  1. Meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Bangka Belitung.
  2. Meningkatnya keterlibatan masyarakat dalam seluruh proses pembangunan.
  3. Meningkatnya kapasitas dan kualitas pendidikan, kesehatan, dan pendapatan masyarakat Bangka Belitung.
  4. Meningkatnya kemandirian usaha dan kualitas tenaga kerja.
  5. Bersinerginya pembangunan antara kawasan pedesaan dan perkotaan.

Dalam rangka pencapaian visi dan misi Gubernur tersebut, Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selaku Perangkat Daerah yang memiliki tugas dan fungsi pokok melaksanakan kewenangan dalam menangani permasalahan sosial berupaya menyelaraskan visi dan misi Gubernur tersebut agar dapat diimplementasikan secara terintegrasi dan berkelanjutan.

Dalam menjabarkan misi Gubernur terpilih, pada misi kedua yaitu Percepatan Pembangunan ekonomi berbasis potensi daerah, Dari misi ini tentunya Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki peran penting dalam upaya memperkuat, mempercepat dan membangun potensi dan sumber kesejahteraan sosial yang ada guna meningkatkan kualitas kehidupan dan kemandirian Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) agar lebih bermartabat dan mandiri.

Memperhatikan kenyataan tersebut, tentunya penekanan penanganan masalah sosial diarahkan kepada peningkatan kualitas penyandang masalah kesejahteraan sosial harus berjalan seiring dengan peningkatan anggaran, kompetensi SDM, keterpaduan dan keberlanjutan program yang bersinergi.

Didalam mengimplementasikan visi dan misi tersebut ke dalam berbagai program dan kegiatan PD ada beberapa faktor penghambat yang dihadapi oleh Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diantaranya adalah :

  1. ketersediaan database PMKS yang valid;
  2. lemahnya sinergitas dan sinkronisasi program antara provinsi dengan kabupaten/kota dalam rangka penanganan masalah sosial;
  3. minimnya anggaran yang dialokasikan untuk penanganan masalah sosial, sedangkan kompleksitas, kuantitas dan kualitas permasalahan sosial cenderung meningkat;
  4. penanganan permasalahan sosial belum terfokus dan terintegrasi dengan komprehensif serta masih mengandalkan ego sektoral diantara stakeholders yang ada;
  5. Keberlanjutan program strategis dan pola pembinaan lanjutan yang tidak terintegrasi dan terprogram dengan baik.

Program-program penanganan masalah sosial di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dilaksanakan oleh Perangkat Daerah Dinas Sosial  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam rangka pencapaian visi dan misi tidak terlepas dari peran, dukungan, dan kerja sama stakeholders pembangunan kesejahteraan sosial terutama masyarakat dan dunia usaha. Dalam upaya mencapai visi dan misi yang diemban oleh Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dibutuhkan berbagai program pembangunan kesejahteraan sosial yang langsung bersentuhan dengan penanganan masalah kesejahteraan sosial.