Primary tabs

Update dan Review Pemetaan Data Daerah Rawan Konflik

Soll Marina, Bangka Tengah, Mayarakat adalah mahluk sosial yang selalu berinteraksi dan didalamnya senantiasa terjadi konflik. perspektif, adat istiadat, serta karakter yang unik adalah indikator yang berpotensi menjadi konflik yang senantiasa terjadi dimanapun komunitas itu terbentuk.

                Begitu banyak konflik yang terjadi di negeri kita yang terjadi akibat kecemburuan sosial salah satunya akibat distribusi sumber daya yang tidak seimbang antar penduduk pribumi dan pendatang masih segar dingatan kita tentang koflik yag terjadi di sambas kalimantan tengah disamping adanya sentimen etnik atau ras sebagai pemicu konflik, kemudian terjadi lagi di Ambon dimana nuansa sara begitu kental dan lagi di Poso kekerasan yang dilakukan antar komunitas dengan sentimen keagamaan sebagai pemicu konflik.

                Dinas Kesejahteraan Ssosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai perpanjangan tangan Pemerintah di daerah melakukan kegiatan pemetaan daerah rawan sosial dengan tujuan agar mendapat gambaran tentang realitas dan potensi sosial di wilayah provinsi kep. Babel sebagai bahan untuk merumusan kebijakan dan program penanggulangan konflik sosial yang didasarkan oleh kearifan lokal masyarakat bangka belitung demikian keterangan dari H. A. Roni Rachman selaku kepala Dinas Kesejahteraan sosial dalam sambutannya.

                Fokus dari kegiatan ini adalah :

  1. Tersedianya peta daerah rawan konflik sosial di daerah guna penyusunan kebijakan dan program penanggulangan konflik sosial.
  2. Mencegah ataupun sedikitnya mengurangi akibat konflik sosial yang mungkin terjadi.
  3. Meningkatkan kesiapsiagaan berbagai stakeholders yang berwenang dalam menangani konflik sosial baik di tingat provinsi maupun kab/kota.

Narasumber dari Forum Discusian Group ini antara lain berasal dari Dinas Kesejahteraan Sosial, Universitas Bangka Belitung, Lembaga Adat Melayu, peserta kegiatan ini berasal dari kabupaten/kota terdiri dari tokoh agama, tokoh adat yang  didampingi oleh pegawai Dinsosakertrans Kabupaten/kota di pulau Bangka.Humas Dinas Kesejahteraan Sosial, Denny Kamajaya.

Penulis: 
Denny Kamajaya
Fotografer: 
Denny Kamajaya
Editor: 
Akhiryadi DB Susilo