Primary tabs

PERAWATAN KAKI PADA PENDERITA DIABETES

Kaki merupakan anggota badan yang sangat diperlukan untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, seperti berjalan dan berlari. Mengingat fungsinya yang penting hendaknya perlu meluangkan waktu guna memberikan perhatian dan perawatan khusus, terutama bagai penderita diabetes. Para diabetesi perlu menjaga kadar gula darahnya, baik dengan diet sehat dan seimbang, olahraga teratur dan mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter. Bila kadar gula darah tidak dijaga, bukan hanya mata, ginjal, pembuluh darah yang akan terkena imbas penyakit ini, saraf pun bisa menjadi korban meningginya kadar gula darah.

            Bila saraf pada kaki sudah terganggu, kaki mungkin tidak dapat merasakan bila ada sesuatu yang mengganggunya, misalnya ada lecet pada kulit kaki itu. Itu sebabnya betapa pentingnya merawat kaki dan mengenali tanda-tandanya secara dini, agar tidak menimbulkan komplikasi yang lebih lanjut.

  1. Pemicu Timbulnya Masalah Pada Kaki

Ada beberapa faktor yang mungkin bisa menjadi timbulnya masalah pada kaki, antara lain :

  • Alas kaki

Alas kaki yang tidak nyaman sering menjadi penyebab utama timbulnya masalah pada kaki diabetes. Jika alas kaki tersebut sudah tidak nyaman lagi, dianjurkan untuk membeli yang baru dan konsultasikan dengan dokter mengenai alas kaki yang sesuai.

  • Kerusakan pada saraf

Bila memiliki tuntunan pekerjaan yang mengharuskan berdiri cukup lama atau orang yang tidak peduli dengan penyakit diabetes yang diderita, berarti resiko mengalami kerusakan saraf pada kaki akan semakin besar. Bila hal ini terjadi, kemampuan  kaki merasakan gesekan atau benturan yang terjadi, akan menurun.

  1. Kaki Butuh Perawatan Ekstra

Setelah memahami bagaimana galaknya penyakit diabetes, sebaiknya luangkan waktu sejenak untuk menjaga atau merawat kaki. Bagaimana caranya ?

  • Memeriksa kaki secara rutin. Lakukan setiap hari dan konsultasi dengan dokter bila ada luka atau tanda-tanda lain. Bila ada kesulitan minta bantuan anggota keluarga untuk melakukannya.
  • Gunakan pelembab yang berbahan dasar air guna mencegah kulit menjadi kering dan pecah-pecah, tetapi hindari pelembab disekitar jari kaki.
  • Kenakan kaos kaki yang terbuat dari bahan katun dan hindari yang terlalu ketat pada pergelangan kaki karena bisa mengganggu aliran darah.
  • Pilih alas kaki yang nyaman dan pilih ukuran yang sesuai dengan bentuk atau besar kaki.
  • Tetap olahraga karena dapat memperbaki kesehatan tulang dan sendi pada kaki, memperbaiki sirkulasi darah kearah kaki dan juga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Konsultasikan dengan dokter, sebelum memulai program olahraga.
  • Hindari melakukan aktifitas misalnya, berjalan tanpa alas kaki, walau berada didalam rumah.
  • Cuci kaki secara teratur dan keringkan dengan seksama, terutama dibagian sela-sela jari kaki.
  • Potonglah kuku dengan arah garis lurus, tidak melengkung kedalam.
  • Sebelum memakai alas kaki, periksalah terlebih dahulu bagian dalamnya agar bersih dari benda-benda yang mungkin bisa melukai kaki, misalnya kerikil, serpihan kayu, atau tepi yang tajam.

Selain itu juga perlu memperhatikan bila ada tanda-tanda tertentu pada kaki, yang memerlukan perawatan segera dari penderita atau dokter. Tanda-tanda tersebut antara lain, rasa sakit terus menerus, bengkak, kaki berwarna kemerahan, rasa hangat pada sisi tertentu, yang semua ini mungkin menandakan adanya luka, memar, infeksi atau ada masalah dangan alas kaki yang dipakai.

  1. Kunci Kendali Diabetes

Bagi diabetesi memang perlu memiliki kunci guna mengendalikan diabetes. Kunci tersebut adalah selalu mengendalikan kadar gula darah, berolahraga dan diet sehat seimbang.

Bila masih merokok, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk yang satu ini. Merokok dapat memicu timbulnya gangguan pada pembuluh darah, yang juga bisa manyerang pembuluh-pembuluh darah kecil sehingga menggangu kelancaran aliran darah keseluruh bagian / jaringan tubuh.

  1. Agar Kaki Lebih Bugar

Luangkan waktu sejenak agar anda bisa melakukan beberapa gerakan sederhana dibawah ini. Tujuan gerakan ini antara lain :

  • Membantu memperlancar peredaran darah pada kaki
  • Memperkuat otot-otot kecil kaki, otot betis dan paha
  • Membantu mengatasi kekakuan sendi

 

Gerakan 1

Duduk tegak dikursi, dengan punggung tegak. Luruskan kaki, tumit menekan dilantai, lalu gerakan kaki kebawah dan keatas. Lakukan gerakan ini 10x.

Gerakan 2

Angkat telapak kaki dan tahan sebentar. Lalu angkat jari-jari kaki dan tahan sekuat tenaga. Lakukan 10x.

Gerakan 3

Letakan tumit dilantai. Angkat telapak kaki dan putar searah jarum jam. Lakukan 10x.

Gerakan 4

Letakan telapak kaki dilantai, lalu angkat tumit dan putar keatas perlahan-lahan. Lakukan 10x.

Kesimpulan : Dengan melakukan gerakan ini, kaki pun menjadi lebih bugar. Tetapi ingat berkonsultasi dengan dokter sebelum mulai berolahraga merupakan langkah yang bijak. Selain itu pola makan juga harus tetap dijaga, bila kurang mengerti tentang pola makan yang benar berkonsultasi pada petugas kesehatan atau ahli gizi. Selamat mencoba.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis: 
Juwita. S.Kep. Ns.
Sumber: 
Health Today

Artikel

23/03/2018 | http://www.indonesiamediacenter.com/2017/10/indonesia-bicara-baik-perhumas-akan.html
27/12/2017 | wired Magazine
15/03/2016 | Wuri Handayani. S.Psi
1,973 kali dilihat
22/03/2016 | Dwi Ratna Lakitasari, S.Psi.
977 kali dilihat
22/03/2016 | Denny Kamajaya. S.sos
304 kali dilihat
14/12/2016 | MUSTIKAWATI, S.Kep
186 kali dilihat
06/06/2016 | Dwi Ratna Laksitasari, S.Psi
184 kali dilihat