Primary tabs

Pemantapan Kemampuan Shelter Korban Bencana Alam

Secara harfiah shelter berarti sesuatu yang dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan, bahaya  atau ketidaknyamanan, secara umum kata shelter dapat disamakan dengan kata papan sebagai pelengkap sandang dan pangan. Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kesejahteraan Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung peserta di didik untuk dapat bereaksi cepat dalam penanganan korban bencana dalam hal menyiapkan tempat yang aman dalam waktu singkat, M. Aziz Harahad dalam sambutannya selaku Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menghimbau kepada peserta yang mengikuti kegiatan agar mengikuti materi dengan seksama karena ini merupakan tanggung jawab yang diberikan  oleh negara kepada Taruna Siaga Bencana. Segala simulasi materi yang diberikan oleh instruktur meruapakan refleksi dari pengalaman yang menjadi situasi real di lapangan.

Tedi Ixdiana Kepala Badan Vertical Rescue Federasi Panjat Tebing Indonesia dalam arahannya menerangkan secara explisit bagaimana cara veritical rescue dalam mengevakuasi atau memindahkan korban bencana di bidang vertikal, klasisfikasi vertikal antara lain tebing alam, gedung , tower dan sumur, ataupun media media tinggi laiinya, Materi dasar dalam Vertical rescue  adalah menguasai alatketinggian, dilajutkan dengan naik turun dengan beban dari satu titik tinggi ke titik lainnya.

                Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial bencana Dinas Kesejahteraan Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Isa Anshorie menyambut baik materi yang disampaikan oleh Federasi Panjat Tebing Indonesia karena ini adalah kemampuan spesifik yang tidak serta merta dapat dimiliki oleh peserta secara otodidak.  Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 25 s/d 29 Juli 2016 bertempat di Hotel Tanjung Pesona Kabupaten Bangka sementara peserta adalah Tagana Muda utusan Kabupaten/Kota.

Materi Program kegiatan dari Direktorat Perlindungan sosial korban bencana alam disampaikan oleh Kasi bantuan sosial Korban bencana Dinas Kesejahteraan Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Akhiryadi DB Susilo. Salah satunya adalah bagaimana berempati terhadap korban bencana alam, dalam penyampaiannya beliau menerangka bahwa kemampuan tagana dalam bersosialisasi dengan baik merupakan penawar kesedihan bagi korban.

Sumber: 
Bidang Bantuan dan Bencana Sosial Dinkessos Babel
Penulis: 
Denny Kamajaya. S.Sos
Fotografer: 
Denny Kamajaya. S.Sos
Editor: 
Fitra Mayarini . S.St