Primary tabs

Musda Pembentukan Forum Koordinasi TAGANA BABEL

Kamilah taruna indonesia

Marilah sumbangkan jiwa raga

Kita tolong mereka yang tertimpa bencana

Selamatkanlah bangsa

Pangkalpinang, Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai soko guru taruna siaga bencana mengadakan forum Musyawarah Daerah sebagai muara dari sinkronisasi dari pensinergian yang terdapat di 7 Kabupaten/Kota yang ada di bangka Belitung. Kegiatan yang diwakili oleh 2 orang utusan Kabupaen/Kota ini diharapkan dapat mewakili 426 anggota Tagana aktif se-provinsi Babel, forum ini diselenggarakan dengan maksud untuk dapat membentuk suatu pola komunikasi,  koordinasi  yang efektif dalam menghadapi kondisi yang semakin kompleks baik yang bersifat teknis administrasi maupun teknis di lapangan. Ketua Forum terpilih Yasir berharap agar forum ini dapat bekerja secara maksimal berdasarkan kepada one rule, one command, one corps.

Area kerja forum komunikasi tagana kedepan Sebagaimana pembagian tugas di dalam kluster nasional penanggulangan bencana yang telah ditetapkan, bahwa fungsi kementerian sosial adalah di bidang pengungsian dan perlindungan. Sebagai relawan yang dibentuk oleh Kementerian Sosial, dimana TAGANA  menjalankan fungsi yang terdiri dari :

  • Pendirian Shelter (Hunian Sementara)
  • Penyiapan Logistik
  • Penyiapan Dapur Umum Lapangan
  • Psikososial
  • Advokasi Sosial

Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Isya Anshorie dalam sambutannya menyampaikan bahwa Forum ini sebagai garda terdepan dalam penanggulangan bencana, dimana anggota Tagana merupakan individu relawan penanggulangan bencana yang berbasis komunitas. Semoga Tagana telah memiliki tempat di hati masyarakat. TAGANA hadir dengan semangat kemanusiaan, sentuhan nurani dan melalui semboyan “we are the first to help and care”.  Dalam pelaksanaan tugasnya, Tagana dituntut hadir di lokasi paling lambat 1 (satu) jam setelah terjadinya bencana TAGANA Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selalu berpegang teguh kepada prinsip “DI MANA PUN ADA BENCANA, DI SITU ADA TAGANA”

Dalam penangan bencana Tagana berkolaborasi dengan instansi terkait antara lain BPBD, Basarnas dan institusi lain dalam tim yang sama guna penanggulangan bencana, TAGANA tetap diharapkan bersinergi dengan mitra terkait di dalam memberikan perlindungan kepada korban bencana,

 

 

SEMANGAT PAGI !!!!!!!!!

 

Sumber: 
On Spot Reportase
Penulis: 
Denny Kamajaya. S.Sos
Fotografer: 
Denny Kamajaya. S.Sos