Primary tabs

KPM Kabupaten Belitung terima BST dampak Covid 19

BST KABUPATEN BELITUNG CAIR, SALDO SUDAH NAMBAH

 

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Dinas Sosial hari ini senin 23 November 2020 mencairkan BST sebagai respon positif Pemprov Bangka Belitung dalam upaya meminimalisir dampak pandemi Covid 19. BST kali ini ditransfer kepada penerima manfaat melalui Bank yang ditunjuk setelah melalui serangkaian kajian teknis. Mekanisme dan persyaratan penerima BST ditentukan oleh petunjuk teknis yang dikeluarkan oleh Dinas Sosial Pemprov Babel antara lain, terdaftar didalam data terpadu kesejahteraan sosial atau dikenal dengan (DTKS), usulan dari Pemerintah Desa Kabupaten/Kota, KPM belum pernah menerima bantuan BST Kemensos, BLT DD (bantuan langsung tunai dana desa), program sembako maupun program PKH.

 Hari ini Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rusman Johan secara simbolis memberikan BST kepada 1616  KPM diseluruh Kabupaten Belitung dengan nilai bantuan sebanyak Rp. 484.800.000., Gubernur berharap “  Bantuan sosial tunai ini dapat meringankan beban masyarakat kurang mampu yang terdampak pandemi, untuk bapak-bapak penerima bantuan tolong jangan dibelikan rokok karena bantuan ini ditujukan untuk seluruh sel keluarga “.

Simbolis penyerahan BST ini dipusatkan di Kantor Kecamatan Sijuk yang dihadiri oleh sejumlah perwakilan penerima BST, Yanuar. SH selaku Plt Kepala Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berharap bahwa penerima KPM tidak perlu khawatir akan tidak sampainya BST ini ke rekening mereka karena sudah dijamin oleh Bank Rakyat Indonesia selama penerima BST masih ada dengan kata lain BST ini tidak dapat dialihkan ke ahli waris bila terjadi sesuatu dilain hal.

Dalam kegiatan penyerahan BST ini, dalam praktek penerapanya Dinas Sosial Provinsi juga bekerja sama dengan Satgas Covid  19 Kabupaten Belitung sebagai upaya mensosialisasikan kembali program pemerintah dalam pengentasan maupun mempersempit ruang gerak penyebaran corona dengan selalu menggaungkan kembali skema 3M.

­­Pihak BRI yang diwakili oleh Teguh Rastianto selaku wakil pimpinan wilayah bidang operasional Kantor Bank Rakyat  Indonesia Wilayah Palembang menyampaikan penarikan dana bantuan ini dapat dilakukan di konter bank bri, atm bri dan cabang2 brilink yang ada di wilayah penerima bantuan.

Penyaluran BT di wilayah Belitung timur akan dijadwalkan pada hari selasa tanggal 24 November 2020 di Desa Gantung Kecamatan Gantung sedangka di Kabupaten Bangka akan diselenggarakan pada tanggal 27 November 2020 di Desa Sungai Selan Atas dan di Kelurahan Sungai Selan dan segera akan menyusul di Kabupaten/Kota lainnya.

Sumber: 
Liputan langsung
Penulis: 
Denny Kamajaya S.Sos
Fotografer: 
Denny Kamajaya
Editor: 
Akhiriyadi DB Soesilo