Primary tabs

Klaim BPS: Indeks Kebahagiaan Babel Tahun 2017 di angka 71,75 pada skala 0-100

Indeks Kebahagiaan Kepulauan Bangka Belitung merupakan indeks komposit yang dihitung secara tertimbang menggunakan dimensi dan indikator dengan skala 0-100. semakin tinggi nilai indeks menjunjukkan tingkat kehidupan penduduk yang semakin bahagia dan sebaliknya, semakin rendah nilai indeks maka semakin merasa tidakbahagia. Metode pengukuran pada tahun ini menmbahkan Dimensi perasaan (affect) dan dimensi makna hidup (eudaimonia), dimana dimensi kepuasan hidup terbagi menjadi dua subdimensi Kepuasan hidup personal dan kepuasan hidup sosial. Kepuasan terhadap keharmonisan keluarga merupakan subdimensi kepuasan hidup sosial yang tertinggi di Kepualauan Bangka Belitung sebesar 82,24 %, sementara indeks indikator terendah pada pengenmbangan diri senilai 60,75% yang mewakilkan dimensi makna hidup. 

Indikator lain yang dibawah angka 70 yang menjadi ambang batas standar peniaian di Indonesia dan tercermin  di Kepulauan bangka belitung adalah Kepuasan terhadap pendidikan dan ketrampilan, kepuasan terhadap pekerjaan/usaha/kegiatan utama, kepuasan terhadap pendapatan rumah tangga, perasaan tidak khawatir/cemas, serta perasaan tidak tertekan. untuk memahami lebih jauh dan membandingka antar karateristik yang berkaitan dengan tingat kebhagiaan, kepuasan hidup, perasaan,serta makna hidup, maka indeks kebahagiaan Bangka Belitung disajikan menurut beberapa kategori karateristik antara lain, Klasifikasi wilayah, jenis kelamin, status perkawinan dan kelompok umur. 

sampel pengukuran indeks kebahagian di Bangka Belitung sebanyak 900 rumah tangga yang tersebar di 7 Kabupaten//Kota. setiap rumah tangga sampel dipilih kepala rumah tangga atau pasangan kepala rumah tangga (istri/suami) sebagai responden, sehingga yang dimaksud sebagai penduduk adalah kepala rumah tangga atau pasangannya. 

 

Sumber: 
Badan Pusat Statistik Prov. Kep Babel
Penulis: 
Denny Kamajaya. S.Sos
Editor: 
Denny Kamajaya. S.Sos