Primary tabs

Kesiapsiagaan Sebagai Motor Utama Penganggulan Bencana

Tanjung pandan, Secara berkala dan simultan dalam konteks kesiapsiagaan pada fase menghadapi bencana senantiasa menjadi fokus dan prioritas Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kesiapsiagaan merupakan titik tolak dalam keberhasilan penangan korban bencana alam. Secara normatif latar belakang kegiatan ini berkaca pada luas dan semakin bertumbuhnya penduduk yang selalu menjadi potensi untuk dilanda bencana baik bencana alam maupun bencana non alam.

            Pengurus Kampung siaga bencana untuk paham secara teknis menjadi suatu keharusan dalam memperkecil korban baik  sebelum, pada saat dan setelah bencana imbuh Yanuar, SH selaku Plt Kepala Dinas Sosial dalam memberikan flash back mengenai tata kewajiban bagi pengurus kampung siaga bencana, diwaktu yang sama pula Yanuar menyerahkan instrumen penanggulangan bencana, selanjutnya dihadirkan narasumber dari kementrian Sosial RI hadir Bapak  Drs. Iyan Kusumadiana, M.Si Kasubdit Kesiapasiagaan dan Mitigasi Bencana Direktorat Perlindungan dan Jaminan Sosial dan Korban Bencana Alam yang menitik beratkan pada Kebijakan Kampung siaga bencana yang  berbasis pada masyarakat. Urgensi dari penanggulangan bencana berbasis masyarakat ini secara prinsipal pertama : bahwa setiap orang berhak untuk mendapatkan keselamatan dan keamanan dari bencana, kedua : Masyarakat adalah pihak pertama yang langsung berhadapan denan ancaman bencana, karenanya kesiapan masyarakat secara mandiri akan menentukan besar kecilnya dampak bencana di masyarakat, ketiga : Masyarakat yang terkena bencana adalah pelaku aktif untuk membangun kembali kehidupannya dan pelaku penting untuk mengurangi kerentanan denan meningkatkan kemampuan diri dalam menanggulangi bencana.

            Dalam era pandemi Covid 19 dewasa ini diharapkan Pengurus Kampung Siaga Bencana mampu dan piawai dalam menjadi contoh apa yang menjadi haluan kebijakan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah dalam upaya menekan ruang gerak penyebaran virus. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 20 sd 23 Oktober 2010 ini merupakan gelombang kedua bagi Pengurus Kampung Siaga Bencana di wilayah Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur.

Sumber: 
Liputan langsung
Penulis: 
Denny Kamajaya S.Sos
Fotografer: 
Denny Kamajaya
Editor: 
Fitra Mayarini