Primary tabs

Kadinsos Lepas Sisawa Pelatihan Ketrampilan di Bogor

Pangkalpinang, Rekomendasi dari Dinas Sosial Bangka Belitung  kembali membuahkan hasil setelah verifikasi dan assesment yang dilakukan oleh BBRVBD (Balai Besar Rehabilitasi Vokasional Bina Daksa) Kementerian Sosial RI yang berkedudukan di Bogor kepada lulusan SMANLB Pangkalpinang, , disetujuilah dua orang siswa untuk mengikuti Pelatihan ketrampilan yang diselenggarakan oleh BBRVBD, ini merupakan program  rutin tahunan dengan hanya menerima 100 siswa/i disabilitas  Se-Indonesia.

Vialian branasty dan Iga mahga lieka adalah tamatan SMANLB Pangkalpinang yang menerima program ini, kedua tamatan SMALB ini terkendala dengan pendengaran (tuna rungu), M.Aziz Harahad selaku Kepala Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berharap bahwa pelatihan ini dapat berguna dan dapat meningkatkan ketrampilan sebagai instrumen yang mampu mengangkat harkat dan martabat mereka.

Pelatihan ini berlangsung selama 11 bulan dimana fokus pelatihan untuk via dan iga adalah ketrampilan menjahit dan ketrampilan salon. Selama pelatihan ini siswa diharap untuk dapat mengembangkan ketrampilan yang berbasis pada kebutuhan masyarakat dimana mereka tinggal.

Sri Kusmala selaku Kasi. Rehabilitasi sosial penyandang disabilitas dan lansia juga menyampaikan kepada iga dan via bahwa kesempatan ini merupakan ajang bagi mereka untuk dapat bersosialisasi sehingga dapat memperluas khasanah pengetahuannya.

Kesempatan untuk mengikuti pelatihan ini terbuka luas bagi penyandang diasbilitas yang telah lulus Sekolah Menengah Atas maupun Kejuruang, dimohon juga kerjasama tiap-tiap institusi yang mempunyai akses luas agar masuk dalam jangkauan Dinas Sosial Kabupaten/Kota maupun Provinsi. 

Sumber: 
Sri Kusmala
Penulis: 
Denny Kamajaya. S.Sos
Fotografer: 
Denny Kamajaya. S.Sos
Editor: 
Sri Kusmala