Primary tabs

Go Green Bhabinkamtibmas

Hutan Mangrove merupakan tipe hutan yang tumbuh didaerah pasang surut, terutama dipantai yang terlindung dan tergenang pada saat air pasang dan bebas dari genangan pada saat surut yang sifat tumbuhannya bertoleransi dengan garam. Di Indonesia hutan mangrove disebut pula dengan hutan bakau walau akurasi dari istilah tersebut hanya nama lokal dari marga rhizophora sementara hutan mangrove ditumbuhi oleh banyak marga dan jenis tumbuhan lainnya.

Hutan bakau berperan penting untuk mencegah intrusi atau perembesan air laut ke daratan, mencegah erosi atau pengikisan permukaan tanah oleh aliran air, juga mencegah abrasi atau pengikisan permukaan tanah akibat empasan ombak laut imbuh Kapolda Bangka Belitung Brigjen. Anton Wahono disela-sela acara Go Green Bhabinkamtibmas. Kegiatan ini merupakan salah satu Program unggulan dan prioritas dalam peningkatan kuallitas pengembangan ekonomi kerakyatan berbasis lingkungan hidup.

Pada saat yang sama dalam sambutan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili oleh kepala Dinas Kehutanan Ir. Nazalyus menerangkan bahwa hutan mangrove merupakan suatu ekosistem alam yang khas dan menyediakan kebutuhan manusia apabia kita cukup bijak memanfaatkan dan melestarikannya.

beberapa fungsi fisik dari hutan mangrove antara lain menjaga garis pantai tetap stabil,melindungi dari erosi dan abrasi,menahan badai/angin kencang dari laut, menahan endapan lumpur serta berfungsi menyaring air laut menjadi air tawar, sedangkan fungsi biologis adalah menghasilkan bahan pelapukan yang menjadi sumbeer makanan penting bagi plankton, tempat memijah dan berkembangbiak ikan-ikan, kerang kepiting dan udang, tempat berlindung bersaran dan berkembang biak burung dan satwa lain. Di sisi ekonomi ekosistem yang dikembangkan oleh hutan mangrove dapat menghasilkan bahan baku industri pulp, tanin, kertas, tekstil,makanan, kosmetik, makanan dan obat-obatan.

Turut hadir dalam acara ini Kejati Bangka Belitung, Bupati Bangka yang diwakili oleh Staf ahli, Kepala Bea dan Cukai dan unsur terkait. Go green ini merupakan kolaborasi antara Polda Babel dan PT.ATD Putra Mandiri. Total area penanaman mangrove mencapai 10 Ha, dan  60%  sudah ditanami.

Sumber: 
Liputan langsung
Penulis: 
Denny Kamajaya. S.Sos
Fotografer: 
Denny Kamajaya. S.Sos
Editor: 
nurmala dewi