Primary tabs

Aktualisasi Pemberdayaan Siswa SMALB Pangkalpinang (Is Fecit Cui Prodest)

Tanggal 15 Januari 2018 di Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi hari yang istimewa. -------- siswa-siswi magang dari Sekolah Luar Biasa Negeri Pangkalpinang diterima oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Mereka yang mampu didik dan mampu latih berdasarkan penilaian sekolahnya diberikan kesempatan magang di kantor lembaga pemerintahan.

Siswa-siswi penyandang disabilitas Tuna rungu, Autis, Tuna Laras, Tuna Grahita ini ada yang berprestasi sebagai atlet, juara puisi tingkat nasional, ada yang menyukai bidang lukis, ada yang mempunyai cita-cita menjadi mekanik, dsb. Dengan keterbatasan fisik dan intelektual yang mereka miliki mereka sama seperti kita. Memiliki cita-cita, harapan bahkan prestasi. Tidak sedikit mereka bahkan lebih unggul. Terkadang mereka hanya kurang mendapat kesempatan. Langkah penerimaan magang ini menjadi salah satu tindakan nyata dalam visi Hari Disabilitas Internasional Desember lalu, yaitu Menuju Masyarakat Inklusif yang Tangguh dan Berkelanjutan. Dengan berbaur dan diberi kesempatan yang sama dengan memperhatikan keterbatasan mereka, mereka mampu belajar dan bekerja bersama kita, dan yang lebih penting adalah kita yang belajar dari mereka. Inklusivitas bukan hanya sekedar sebuah tujuan nasional. Lebih dari itu inklusivitasa adalah bagian dari kelapangan hati. Kelapangan hati kita menerima mereka dan belajar dari mereka karena mereka adalah bagian dari kita.

Kepala Dinas Sosial H. Aziz Harahad berpesan kepada siswa-siswi yang magang di Dinas Sosial jadikanlah kesempatan ini untuk dapat menambah pengalaman, belajar bekerjasama dengan lingkungan sekitar dan tidak takut untuk mengembangkan potensi diri, pegawai Dinas Sosial juga dihimbau agar memberikan contoh dan teladan yang baik sesuai dengan kode etik aparatur sipil negara,  dikesempatan yang sama Kepala Dinas juga mengatakan bahwa ini adalah pilot project yang harus diikuti oleh institusi/OPD lain dalam memberdayakan penyandang disabilitas sesuai dengan domainnya. Kuncaraningtyas guru di SMALB Negeri Pangkalpinang berharap pada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung agar dapat menerima penyandang disabilitas menjadi pegawai negeri sama seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Sumber: 
Dinas Sosial Provinsi Kep. Babel
Penulis: 
Denny Kamajaya. S.Sos
Fotografer: 
Denny Kamajaya. S.Sos
Editor: 
Drs. Wahyono. M.Si

Berita

15/03/2016 | Hifrianto, SE
272 kali dilihat
15/03/2016 | Kasi Perencanaan Program
189 kali dilihat
21/07/2016 | Bidang Pemberdayaan Sosial
107 kali dilihat
04/03/2016 | Kasi Data dan Informasi
95 kali dilihat
Sambutan H. Aziz Harahad Selaku Kepala Dinas Sosial Provinsi pada Pembukan Rakortek Forum SKPD
02/03/2017 | Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
85 kali dilihat
01/08/2016 | Bidang Bantuan dan Bencana Sosial Dinkessos Babel
84 kali dilihat
08/02/2017 | Bidang Daya sosial Dinsos Babel
75 kali dilihat
01/07/2015 | dennykamajayapranatahumas
74 kali dilihat
11/05/2015 | Dinkessos Babel
58 kali dilihat